Media Pembelajaran IPA SD


Media Pembelajaran IPA SD




Oleh :

Annisa Diva Siti Nurbarani
1701414004



 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan
Universitas Cokroaminoto Palopo
2019








1.1 Media Pembelajaran
Dalam bahasa Arab media adalah pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.  Gerlach dan Ely (1972) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Sedangkan Pembelajaran merupakan sesuatu yang kompleks dan banyak hal yang mempengaruhinya.
1.3 Tujuan Media Pembelajaran
            Tujuan penggunaan media dalam pembelajaran adalah untuk ;
1)      Meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran
2)      Memudahkan guru
3)      Memberikan arahan tentang tujuan yang akan di capai
4)      Menyediakan evaluasi mandiri
5)      Member rangsangan kepada guru untuk kreatif
6)      Menyampaikan materi pelajaran
7)      Membantu pembelajar yang memiliki kekhususan tertentu.
(Amalia Sapriati, dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD)

1.2 Fungsi Media Pembelajaran
Secara garis besar menurut (Levie & Lentz dalam Azhar 2013) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran:
a.         Fungsi atensi yakni media dapat menarik dan mengerahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan materi pelajaran.
b.        Fungsi afektif yaitu media dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya saat guru memberikan gambar tentang korban banjir, akan membuat siswa akan merasa iba (menggugah emosi).
c.         Fungsi kognitif yaitu media pembelajaran dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung pada media, misalnya materi tentang ciri khusus pada makhluk hidup, guru memberikan media gambar tentang cicak yang memiliki ciri khusus untuk diamati. Melalui gambar tersebut mempermudah siswa untuk mengingat setiap detail ciri khusus pada hewan cicak.
d.        Fungsi kompensatoris yaitu media dapat mengakomodasikan fungsi siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau verbal.
Media yang digunakan dalam pembelajaran IPA di SD biasanya menggunakan media seperti berikut:
a.         Media kongkrit/nyata.
Contoh media benda kongkrit adalah : benda gas, rangkaian listrik, benda padat, pesawat sederhana, dll
b.         Lingkungan alam.
Contohnya adalah siswa mengamati bagian-bagian tumbuhan di taman.
c.         Kit IPA
Kit IPA adalah alat bantu belajar IPA yang sering ditemui di laboraturium yang terdapat dalam peti, dan dapat digunakan oleh guru untuk didemonstrasikan atau dikerjakan oleh siswa-siswa. Contohnya adalah tabung reaksi, corong, tetes obat, dll
d.        Charta, slide film, dan film, adalah alat bantu guru dalam mempelajari pelajaran tentang benda atau makhluk hidup yang jauh dari lingkungan siswa.
e.         Film Animasi
Alat bantu visualisasi tentang konsep-konsep tersebut guna mempermudah siswa dalam mempelajarinya.Contohnya adalah film animasi tentang peredaran darah, proses pencernaan makanan, proses pembuatan enegi, proses pembuatan DNA, dll
f.       Komputer
Komputer ini dapat digunakan mencari bahan serta informasi tentang sains dari seluruh dunia. Komputer juga dapat mempermudah siswa dalam mempelajari pembelajaran IPA dan lain sebagainnya.



1.3  Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.

Pertanyaan :
1.      Dalam menggunakan media apa yang perlu dilakukan seorang guru?
Jawab :
                                 a)         Memahami media yang akan digunakan, dengan mengkaji dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang media yang akan digunakan dalam kelas.
                                 b)         Menyiapkan media dan mencobanya sebelum digunakan di depan kelas
                                 c)         Mengatur fasilitas dan lingkungan yang terkait dengan ruangan, udara, suasana dan kondisi sekolah.
                                 d)         Menyiapkan siswa, misal dengan menyampaikan terlebih dahulu kepada siswa tentang garis besar materi pembelajaran, latar belakangnya, keuntungan memelajari materi tersebut, atau memberikan penekanan terhadap hal-hal penting.
                                 e)         Menyediakan pengalaman belajar bagi siswa.



2.1 Kesimpulan
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Penggunaan media pembelajaran untuk pelajaran IPA di SD sangatlah perlu mengingat fungsi dari media tersebut pada pelajaran IPA sangatlah besar, selain itu penggunaan media dapat mempengaruhi sikap, mental, nilai, kognitif, dll pada siswa. Jika pelajaran IPA di SD tanpa penggunaan media maka pelajaran tersebut akan membosankan dan sikap siswa untuk menghargai lingkungan akan rendah. Akibatnya terjadilah pengrusakan sumber daya-sumber daya tanpa memikirkan dampaknya terhadap oranglain dan lingkungannya.

2.2 Saran
Sebaiknya pengunan media pembelajaran di SD harus didukung kemampuan guru dalam memilih membuat dan memanfaatkan media pembelajaran tersebut secara tepat dan sesuai dengan kemampuan berfikir siswa. Apabila seorang guru mengunakan media secara tepat sasaran maka akan memberikan dampak positif bagi peserta didik.
Penulisan tugas ini tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, oleh sebab itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangatlah penulis harapkan untuk menyempurnakan tugas ini.




Daftar Pustaka
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sapriati, Amalia dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD.Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Hartinah. Sherly. 2016. Media Pembelajaran IPA  di SD. (Online) http://sherlyhartinah.blogspot.com/2016/04/media-pembelajaran-ipa-di-sd.html. diakses pada Jumat, 01 April 2016, Jam 05 : 03.


No comments:

Post a Comment