Membuat dan Langkah-langkah Membuat Jaring-jaring Tema


Membuat Jaring-jaring Tema dan Langkah-langkah Membuat Jaring-jaring Tema




Oleh :

Annisa Diva Siti Nurbarani
1701414004




Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Cokroaminoto Palopo
2018/2019

1.1 Pengertian Membuat Jaring-jaring Tema
Membuat jaringan tema merupakan bagian integral dari model pembelajaran terpadu yang banyak digunakan dewasa ini. Lebih spesifik lagi, pembuatan jaringan tema merupakan implementasi dari penerapan pembelajaran terpadu model Webbed. Pembelajaran terpadu model Webbed adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan tematik. Pendekatan ini pengembangannya dimulai dengan menetukan tema tertentu. Tema dapat ditentukan dengan negosisasi guru dan siswa, tetapi dapat pula diskusi sesama guru. Setelah tema tersebut disepakati, dikembangkan sub-sub temanya dengan memperhatikan kaitannya dengan bidang studi (Trianto 2007). Pengembangan tema menjadi sub-sub tema serta pola keterkaitannya inilah yang kemdian membentuk jaringan tema. (Trianto. 2007. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik.).
Membuat jaringan tema merupakan bagian integral dari model pembelajaran terpadu yang banyak digunakan. Dalam pembelajaran terpadu, ekplorasi topik/tema menjadi alat pemacu utama bagi pelakasananya. Untuk pemilihan topik atau tema serta menghubungkan satu tema ke tema lainnya menjadi persolaan pentingyang harus dikuasai oleh maupun siswa-siswi.

1.2 langkah- langkah Pembuatan Jaringan Tema
Pembuatan jaringan tema melalui beberapa tahapan. Langkah-langkah yang harus dilalui diantaranya :
         1.         Tentukan terlebih dahulu tema. Cara menetukan tema bisa dilakukan dengan dua cara
ð       Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menetukan tema.
ð       Cara kedua, menentukan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan. Untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan siswa-siswi sehingga sesuai dengan minat serta kebutuhan mereka.
         2.         Menginvetarisasi materi-materi yang masuk/sesuai dengan tema yag telah ditentukan.
         3.         Mengelompokkan materi-materi yang sudah diinventarisasi ke dalam rumpun mata pelajarannya masing-masing.
         4.         Menghubungkan materi yang telah dikelompokkan dalam rumpun mata pelajaran dengan tema.(Sugiyar dkk.LAPIS PGMI.2009.hlm 9)

Berikut ini contoh jaringan tema untuk kelas I sekolah dasar.
Tema 1 : Diri Sendiri
Mapel
Kompetensi Dasar
PPKn
KD 1 dan 2
1.1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
KD 3 dan 4                         
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di sekolah
3.3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Bahasa Indonesia
KD 1 dan 2
2.1. Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

KD 3 dan 4
3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
KD 1 dan 2
2.2. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar.

KD 3 dan 4
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
SBP
KD 1 dan 2
2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
KD 3 dan 4
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.3. Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Penjas
KD 1 dan 2
2.1. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
KD 3 dan 4
3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan
usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional






Kesimpulan
Jaringan tema adalah pola hubungan antar tema tertentu dengan sub-sub pokok bahasan yang akan diambildari berbagai bidang studi terkait.
Langkah dalam membuat jaringan tema adalah :
a.       Tentukan tema terlebih dahulu.
b.      Menginventarisasi materi-materi yang masuk/sesuai dengan tema yang telah ditentukan .
c.       Mengelompokkan materi-materi yang sudah diinventarisasik ke dalam rumpun mata pelajarannya masing-masing. 
d.      Menghubungkan materi-materi yang telah dikelompokkan dalam rumpun mata pelajaran dengan tema.
Saran
Sebagai pendidik dan calon pendidik, harus lebih banyak belajar terkait pembelajaran tematik yang terkhusus pada jaring tema.



Daftar Pustaka

Sugiyar dkk. 2009. Pembelajaran Tematik . LAPIS PGMI
Trianto. 2007. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Admin. Jaringan Tema Kelas 1. Diakses dari https://velajaran.net/jaringan-tema-kelas-i/  pada tanggal 7 Maret 2019 pukul 21:29 WITA.
Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,. Jakarta: Kencana.

No comments:

Post a Comment