Deskripsi Public Figur : Maudy Ayunda

Maudy Ayunda
Faza Maudya atau akrab disapa Maudy Ayunda ini lahir di Jakarta pada tanggal 19 Desember 1994 dari sepasang suami-istri yang bernama Muren Murdjoko Jasmedi (Ibu) dan Didit Jasmedi R. Irawan (Ayah). Maudy Ayunda muda, cantik, cerdas, berprestasi, berdedikasi untuk pekerjaan dan pendidikannya. Akting, menyanyi, menciptakan lagu,  menulis puisi dan buku serta bermain music dalah dunia yang digelutinya. Menyadari kecintaannya dalam bidang seni bukan saja dalam dunia akting, Maudy pun mengeluarkan single perdananya ‘Tiba–Tiba Cinta Datang’ lewat album ‘Panggil Aku…’ pada tahun  2011. Dalam album perdananya ini Maudy juga turut menyumbangkan lagu ciptaannya. Ia mengawali karirnya pada tahun  2005 lewat dunia akting, yaitu dalam film berjudul ‘Untuk Rena’ sebagai pemeran utama ‘Rena’. Setelah itu  berturut – turut membintangi berbagai film ternama seperti Sang Pemimpi (2006), Rumah Tanpa Jendela (2009), Tendangan Dari Langit (2011), Malaikat Tanpa Sayap (2012), Perahu Kertas & Perahu Kertas 2 (2012), serta 2014 (2015). Si cantik kakak dari Amanda Khairunnisa ini juga sempat menjadi pembicara termuda di forum The regional Conference Evaluates the Millennium Development Goals and Looks to Creating a Foundation for the Post-2015 yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali. Menjadi pembicara muda di ajang Internasional itu bukan semata-mata karena Ia adalah seorang public figure, namanya di rekomendasikan banyak orang karena selain segudang prestasi di usia muda, jurusan yang dipilihnya untuk pendidikan S1 nya masih berkaitan dengan bidang Ekonomi. Artis berbakat Maudy Ayunda ini pernah menulis buku perdananya yakni sebuah buku pertama yang  berbahasa Inggris. Ia memberi nama buku itu dengan 'Dear Tomorrow'. Buku ini memaparkan tentang bagaimana Maudy Ayunda memaknai hidup, cinta, dan meraih mimpi.
Itulah Maudy  Ayunda. Gadis yang pada 19 Desember nanti genap berusia 25 tahun ini sedang bersiap meninggalkan tanah air untuk menempuh pendidikan S2-nya di Stanford University setelah meluluskan pendidikan S1-nya di Oxford University jurusan PPE (Philosophy, Politics dan Economic) di Inggris. Karirnya yang bersinar di usia muda tidak lantas membuatnya cepat puas. Di saat artis muda lain justru sibuk mencari home schooling atau drop out dari kuliah karena kesibukan di dunia entertainment, Ia justru menggapai mimpinya berkuliah di kampus impian banyak orang, Oxford University dan Stanford University.




A.            Pilihan Ganda
         1.         Judul yang tepat pada teks diatas adalah…
a.       MaudyAyunda
b.      Perjalanan karier maudy ayunda
c.       Kehidupan Maudy Ayunda
d.      Biodata Maudy Ayunda
e.       Deskripsi Maudy Ayunda
         2.         Dari pernyataan tersebut dapat kita ketahui bahwa..
a.       Maudy ayunda merupakan seorang artis yang multitalenta.
b.      Maudy ayunda merupakan seorang pembicara termuda di forum ajang international yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali
c.       Maudy ayunda merupakan seorang public figure yang selain berprestasi juga berdedikasi tinggi pada pendidikan.
d.      Maudy ayunda senang menggeluti hobi-nya baik didunia acting maupun bernyanyi
e.       Maudy ayunda akan melanjutkan pendidikan S2-nya di Stanford University.
         3.         Siapakah nama orangtua dari maudy ayunda..
a.       Muren Murdjoko Jasmedi
b.      Didit Jasmedi R. Irawan
c.       Muren Jasmedi Murdjoko dan Jasmedi R. Irawan Didit
d.      Jasmedi Muren Murdjoko Jasmedi dan Didit Jasmedi R.Irawan
e.       Muren Murdjoko Jasmedi dan Didit Jasmedi R. Irawan
         4.         Pada tahun berapa maudy ayunda memulai karier didunia acting dan pada film apa...
a.       Padatahun 2011, film PerahuKertas.
b.      Padatahun 2012, film MalaikatTanpaSayap
c.       Padatahun 2005, film Untuk Rena
d.      Padatahun 2009, film Untuk Rena
e.       Padatahun 2011, Tendangan Dari Langit.
         5.         Apakah nama Universitas Maudy Ayunda saat meluluskan pendidikan S1-nya..
a.       Hardvard University
b.      Oxford University
c.       Stanford University
d.      Universitas Indonesia
e.       Universitas Waseda
         6.         Tanggal berapakah maudy ayunda lahir..
a.       19 Desember 1994
b.      19 September 1995
c.       20 Desember 1994
d.      20 September 1995
e.       1 April 2019
         7.         Apa buku pertama yang ditulis Maudy Ayunda..
a.       Dear Nathan
b.      Dear Tomorrow
c.       Dear My Friend
d.      Perahu Kertas
e.       Dilan 1990
         8.         Apa yang diceritakan dalam buku Dear Tomorrow…
a.       Perjalanan cinta Maudy Ayunda
b.      Perjalanan Karier Maudy Ayunda
c.       Pejalanan Hidup Maudy Ayunda
d.      Memaknai Hidup, Cinta, Dan Meraih Mimpi.
e.       Memaknai Perjalanan Karier, Hidup, Dan Cinta.
         9.         Apakah Single perdana yang dikeluarkan maudy ayunda…
a.       Perahu Kertas
b.      Tiba-Tiba Cinta Datang
c.       Untuk Apa
d.      Cinta Datang Terlambat
e.       Bayangkan Rasakan
       10.       Pada tahun berapa single pertama yang dikeluarkan Maudy Ayunda..
a.       2005
b.      2009
c.       2011
d.      2012
e.       2015



B.             Essay
           1.       Apa yang membedakan tokoh maudy ayunda sebagai public figure dengan public figure lainnya?
           2.       Pada pemaparan materi diatas tokoh maudy ayunda , pembelajaran apa yang bisa dipetik?
           3.       Jika berada diposisi maudy ayunda lebih memilih entertaint atau pendidikan? Sertakan alasan!
           4.       Sejak umur berapa maudy ayunda terjun kedunia entertaint?
           5.       Siapakah nama adik Maudy Ayunda?
           6.       Bagaimana karakter maudy ayunda berdasarkan paparan teks tersebut?
           7.       Selain aktif sebagai penyanyi maudy ayunda juga aktif dibidang?
           8.       Apakah kalian terinspirasi dari maudy ayunda kalau iya sertakan alasannya dan jika tidak sertakan pula alasannya!
           9.       Coba deskripsikan menurut kalian ciri khas dari maudy ayunda!
         10.     Jelaskan secara singkat perjalanan hidup maudy ayunda!






KUNCI JAWABAN

A.     Pilihan Ganda
1.      A
2.      C
3.      E
4.      C
5.      B
6.      A
7.      B
8.      D
9.      B
10.    C




B.     Essay
1.   Yang membedakan maudy ayunda dengan public figure lain yaitu Maudy ayunda merupakan salah satu public figure atau artis yang dimana memiliki banyak bakat (multitalenta). Salah satu bakat yang dimilikinya yaitu mampu memainkan alat-alat music seperti gitar dan piano, menciptakan lagu, menulis buku selain itu maudy ayunda juga pandai dalam hal pendidikan buktinya dia dapat diterima oleh 2 universitas terbaik didunia yaitu Harvard yang berada diurutan pertama universitas terbaik didunia dan universitas Stanford berada diurutan kedua.
2.   Pembelajaran yang dapat kita petik dari tokoh maudy ayunda yaitu dimana dia bermimpi dan dia mampu mewujudkan mimpinya itu tanpa putus asa, dia gigih dan berani untuk bermimpi setinggi mungkin dan selalu mau mencoba sesuatu hal yang baru, dia tidak pernah puas dengan hasil yang dia dapatkan. Kita juga bisa memetik pembelajaran bahwa dimana semua orang itu berhak untuk bermimpi dan sebagai anak muda Indonesia kita seharusnya bisa meraih prestasi seperti maudy ayunda dalam hal pendidikan dan tentunya membawa hasil yang positif.
3.   Jika berada diposisi maudy ayunda saya lebih memilih pendidikan, kenapa? Karena penting bagi masa depan kita. Entertaint juga penting karena meskipun kita tidak sekolah kita dapat mendapatkan uang sebagai hasil dari menyanyi, main film, dan lain-lain tapi berbeda dengan pendidikan dalam pendidikan itu kita diajar untuk mengubah karakter kita menjadi pribadi yang lebih baik. Nah, jika ingin dibandingkan seseorang yang bekerja dalam dunia entertaint tapi tidak punya pendidikan dibanding dengan seseorang yang mementingkan pendidikan namun juga aktif dalam dunia entertanit itukan jauh perbandingannya. Seperti yang saya katakan tadi pendidikan itu lebih penting karena mampu mengubah mindset kita yang tadinya kita tidak tau menjadi tau, dengan pendidikan juga kita mampu menghasilkan uang namun ada proses yang kita lewati. Dengan pendidikan juga kita dapat menambah ilmu, ketika kita sekolah mempunyai pendidikan bagus otomotasi kita punya bibit unggul yang akan kita wariskan kepada keturunan-keturunan kita.
4.   Maudy ayunda mengawali kariernya pada tahun 2005 dalam dunia acting.
5.   Nama adik Maudy Ayunda adalah Amanda Khairunnisa.
6.   Maudy Ayunda memiliki karakter baik, cerdas, tidak mudah putus asa, dan berani mencoba hal baru.
7.   Selain aktif dalam bidang menyanyi maudy ayunda juga aktif dalam bidang acting dan menulis buku.
8.   Iya, saya terinspirasi dari maudy ayunda. Karena ia merupakan sosok aktris yang sangat mementingkan pendidikan dimana kebanyakan artis lainnya memilih dunia entertaint dibanding pendidikan maudy ayunda malah memilih vakum didunia entertaint untuk focus ke pendidikannya , ia giat dalam meraih mimpinya dan mengajarkan kita bahwa semua orang siapapun itu berhak untuk bermimpi setinggi mungkin. Ia sangat pantas untuk menjadi teladan bagi seluruh kaum muda Indonesia karena selain berbakat dalam hal music dan acting, iya juga berbakat menulis buku sejak berumur 10 tahun, menulis lagu, ia juga pandai dalam hal pendidikan.
9.   Ciri khas yang dimiliki maudy ayunda itu terletak pada suaranya yang sangat khas dan merdu, badannya yang ramping, wajah cantik dan kulit eksotik serta memiliki gigi kelinci yang sangat khas pada dirinya.
10.  Maudy Ayunda lahir di Jakarta pada tanggal 19 Desember 1994. Diumur 10 tahun ia sempat menulis buku, kemudina ia memulai karirnya pada tahun 2005 didunia acting. yaitu dalam film berjudul ‘Untuk Rena’ sebagai pemeran utama ‘Rena’. Kemudian Maudy terjun kedunia music dengan mengeluarkan single perdananya ‘Tiba–Tiba Cinta Datang’ lewat album ‘Panggil Aku…’ pada tahun  2011. Setelah beberapa tahun berada di dunia entertaint ia pun memutuskan untuk focus ke pendidikannya setelah diterima di universitas bergengsi didunia untuk meluluskan S1-nya di Oxford University. Setelah lulus S1 ia kemudian diterima lagi di dua universitas pertama dan kedua terbaik didunia yaitu Hardvard dan Stanford University, yang kemudian ia memilih standford untuk melanjutkan S2-nya karena merupakan impian ia sedari kecil.

No comments:

Post a Comment