Contoh Paragraf Deskriptif (beserta ide pokoknya)


CONTOH PARAGRAF DESKRIPTIF
KAPURUNG
Kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional disulawesi selatan, khususnya masyarakat di daerah Luwu seperti kota Palopo, dan daerah sekitarnya. Makanan ini terbuat dari tepung sagu dan kuah yang terbuat dari bumbu yang kaya akan rempah-rempah yang pedas dan sedikit asam yang dapat memberikan kenikmatan tiada tara. Dan juga karena teksturnya yang kenyal sehingga mudah dicerna dengan mudah hingga semua kalangan dapat mencicipinya, baik dari kalangan anak-anak sampai kalangan dewasa.
Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran yang banyak memiliki nilai gizi. Berbagai macam sayur yang disajikan dengan kapurung seperti sayur bayam, jantung pisang, jagung, terong atau kacang panjang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Jadi kapurung sangat cocok untuk penikmat kuliner yang menyukai makanan yang asam pedas namun tetap sehat.
Kapurung di daerah luwu sendiri disebut dengan Pugalu. Makanan yang sudah ada sejak dulu ini biasanya disantap sebagai makanan pokok oleh masyarakat setempat. Namun sekarang, kapurung sudah tergantikan oleh keberadaan nasi sebagai makanan pokok namun demikian kapurung tetap dinikmati oleh masyarakat baik itu di konsumsi pada sehari-hari maupun pada acara tertentu.
Kapurung juga disebut sebagai makanan merakyat sebab kapurung dapat di konsumsi oleh semua kalangan baik itu kalangan anak-anak maupun kalangan dewasa. Dan juga makanan ini memiliki rempah-rempah yang sangat sederhana sehingga mudah didapatkan dan disajikan oleh semua orang walaupun sederhana rasa kapurung tentu tak kalah nikmat dengan makanan lainnya . Oleh karena itu , kapurung sendiri telah melegenda kerena ciri khasnya tersendiri.
Di negara lain tidak mempunyai makanan khas selezat ini, hanya diindonesia khususnya di Sulawesi selatan yang memiliki makanan selezat ini. Namun ada beberapa daerah yang juga mengkonsumsi kapurung dengan bahan yang sama yaitu sagu tapi dengan penyajian dan nama yang berbeda seperti di daerah Maluku dan Papua yang dikenal dengan sebutan papeda. Meski kapurung merupakan makanan tradisional, kapurung tentu tak kalah popular. Selain ditemukan di warung-warung khusus dimakassar juga sudah masuk ke beberapa restoran dan bersanding dengan makanan modern.


No comments:

Post a Comment